Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat

Cara merawat wajah agar tidak berjerawat, jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang seringkali dikeluhkan oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Hal ini dikarenakan jerawat sangat mengganggu penampilan. Belum lagi bekas-bekasnya, membuat wajah tampak seperti terluka sehingga tidak enak dilihat. Karena itulah, cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat maupun jerawat batu secara alami sangatlah penting agar wajah bersih sehingga tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dulu apakah penyebab dari jerawat itu. Ada banyak hal yang menyebabkan jerawat, salah satunya yakni kulit wajah yang sensitif. Perlu diketahui bahwa kulit wajah yang sensitif didapatkan seseorang sejak dia lahir, alias keturunan. Jadi jangan langsung iri pada orang yang jarang berjerawat karena pada dasarnya dia mempunyai kulit yang tidak sensitif sehingga jarang terkena jerawat. Jika memang mempunyai kulit sensitif yang mengundang banyak jerawat, maka cara untuk mensyukurinya yakni dengan melakukan perawatan secara rutin dan terutama telaten.

cara merawat wajah
Gamar wajah dari : pixabay.com
Saat ini perawatan di klinik kecantikan memang sedang menjadi tren. Hal ini dikarenakan perawatan di salon memberikan hasil yang nyata dan tidak main-main, dan pihak klinik kecantikan yang memang mempunyai ijin resmi pastinya akan bertanggungjawab jika sesuatu terjadi pada wajah pelanggan. Meski begitu, perawatan model seperti ini cukup mahal, karena harus berkali-kali mendatangi salon secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal serta untuk menjaga agar wajah tetap terhindar dari jerawat dan problem kulit lainnya. Jika sekali dua kali mungkin tidak masalah, tetapi tentunya pelanggan tidak akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sebenarnya cara merawat wajah sendiri di rumah merupakan cara yang paling murah. Di samping itu, bahan-bahan alami pun bisa digunakan. Berikut ini beberapa cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat secara alami yang bisa Anda jadikan referensi, semoga membantu.

Membersihkan Wajah secara Teratur
Biasanya para wanita yang sampai di rumah pada malam hari malas untuk membersihkan makeup-nya karena sudah terlanjur lelah akibat bekerja seharian. Padahal hal ini akan sangat berdampak buruk pada kulit wajah. Kulit wajah menjadi cepat kotor sehingga mengundang banyak jerawat. Maka tips terbaik untuk mencegah terjadinya jerawat yakni membersihkan kulit wajah secara teratur. Misalnya sebelum mengaplikasikan makeup atau sesudah memakai makeup. Jika wajah Anda memang membutuhkan perawatan lebih, misalnya terlalu berminyak, disarankan untuk membersihkan wajah juga ketika akan tidur. Dengan begini, wajah akan terhindar dari jerawat secara alami. Cara ini juga bisa untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Di samping itu, Anda harus cermat dalam memilih jenis pembersih kulit. Sesuaikan dengan jenis kulit wajah Anda, jangan langsung terpikat pada hasil yang memberikan kulit putih bersih dll. Berikut ini caranya.

Jika Anda mempunyai kulit berminyak, jangan menggunakan pembersih dengan banyak pelembab.. Pilihlah pembersih yang mengandung AHA untuk kulit berminyak Anda. 

Untuk kulit yang kering dan kusam, Anda dapat menggunakan pembersih wajah yang mengandung vitamin C. 

Jika kulit Anda berkerut karena kering, pilihlah pembersih yang mengandung vitamin A 

Lalu bagaimana jika ingin menggunakan masker? Pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan Anda. Jangan menggunakan masker lebih dari 30 menit, dan jika ingin membersihkannya, gunakan saja air hangat. Wajah juga akan terasa lebh segar dan kencang dengan cara ini. 

Jika ingin menggunakan scrub, pilihlah scrub yang khusus untuk kulit wajah. Jangan coba-coba memakai scrub untuk badan. Meskipun kelihatannya seperti sama, butrian scrub untuk kulit wajah sebenarnya lebih halus sehingga kulit akan terhindar dari iritasi. 

Di samping itu, ingatlah untuk tidak menggosokan handuk pada kulit wajah setelah menggunakan scrub untuk menghindari iritasi.
Gunakan masker untuk menghilangkan jerawat

cara merawat wajah
Gambar merawat wajah : en.wikipedia.org
Menghindari Stres adalah salah satu cara menghindari jerawat
Cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat secara alami dengan mudah yakbi dengan menghindari stres. Jika Anda sudah mencoba melakukan berbagai perawatan tetapi masih terkena jerawat juga, maka bisa jadi Anda sedang menderita stres berat. Hal ini dikarenakan stres dapat memicu peningkatan hormon androgen yang dapat memicu timbulnya komedo. Komedo yang tidak segera diatasi dapat memicu timbulnya jerawat.

Lalu bagaimana agar terhindar dari stres? Tentunya Anda sendiri yang mengetahui apakah penyebab stres pada diri Anda. Usahakan untuk segera mengatasinya dengan berpkir lebih rileks dan berkata pada diri sendiri bahwa semua akan baik-baik saja. Anda juga dapat melakukan pemijatan pada wajah Anda menggunakan krim khusus untuk pijat wajah yang dapat dibeli dengan mudah. Lakukan secara rutin sehingga Anda dapat terlihat lebih segar setiap harinya.

Menjaga Gaya Hidup Sehat
Cara merawat wajah agar terhindar dari jerawat secara alami lainnya yaitu dengan mempunyai gaya hidup sehat. Biasanya orang yang kurang tidur dan sering merokok seringkali terkena jerawat. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi pada Anda, maka segera hentikan kebiasaan buruk ini. Sebaliknya, Anda dapat melakukan olahraga secara teratur agar tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Hindari juga makanan yang bisa memicu jerawat yakni makanan dengan kandungan lemak banyak serta kalori yang tinggi. Misalnya kacang-kacangan, gorengan, dan juga kuning telur ayam.

Konsumsi juga air putih banyak-banyak agar kulit wajah Anda selalu terlihat segar dan bercahaya. Mungkin kedengarannya sepele, tetapi hal ini benar adanya. Mengkonsumsi banyak air putih akan membuat metabolisme menjadi lebih lancar. Di samping itu, dengan mengkonsumsi air putih, orang juga akan terhindar dari paparan zat berbahaya yang bisa saja memicu timbulnya jerawat seperti pada soda yang mempunyai kandungan kalori tinggi.
Semoga cara merawat wajah agar tidak berjerawat ini bermanfaat



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat